Thursday, June 4, 2015

FIFA Suap Federasi Sepakbola Irlandia

FIFA Suap Federasi Sepakbola Irlandia

Delaney (kanan) mengonfirmasi FAI menerima suap dari FIFA (Foto: AFP)
DUBLIN – Federasi sepakbola Irlandia (FAI) membeberkan fakta sekaligus kian menambah rumit tuduhan korupsi kepada FIFA atau asosiasi sepakbola tertinggi dunia. FAI mengaku sempat disuap FIFA pasca-kegagalan Irlandia bermain di Piala Dunia 2010.
Kepala Eksekutif FAI, John Delaney menjelaskan penyuapan FIFA tersebut lantaran keterlibatan The Green Army di Piala Dunia 2010 urung terjadi, karena kalah 2-1 dari Prancis di play off. Irlandia menilai kesempatan mereka dicuri oleh gol kontroversial Prancis, saat Thierry Henry melakukan handball.
“Kami merasa memiliki kasus legal dengan FIFA, karena cara kami melewati play off Piala Dunia tidak bekerja untuk kami dengan handball Henry. Juga dengan cara (Sepp) Blatter berperilaku. Jika Anda ingat saat itu, ia tertawa terbahak-bahak kepada kami,” papar Delaney kepada RTE Radio, Jumat (5/6/2015).
“Saat itu saat saya masuk, dan saya memberitahunya bagaimana perasaan saya kepadanya, dan saat itu ada beberapa kata pengantar yang kami gunakan. Kami mencapai kesepakatan. Saat itu hari Kamis dan Seninnya kesepakatan ditandatangani dan selesai. Kesepakatan itu sangat bagus untuk FAI dan kesepakatan sah untuk FAI,” jelasnya.
FIFA disinyalir menyuap FAI dengan mahar sebesar lima juta euro, namun Delaney tak mengungkapkannya. Bagi Delaney saat itu kesepakatan sangat bagus bagi FAI.
“Saya diikat dengan rahasia tinggi untuk memberitahu namanya (pemberi uang suap). Anda letakkan sosok figur di sana dan adil untuk Anda. Bayaran ditujukan untuk asosiasi agar tidak melanjutkan kasus legal (menjadi tuntutan). Saat itu saya menandatangani kesepakatan rahasia di mana saya tak bisa menyebutkan jumlahnya,” terang Delaney.
(fmh)

No comments:

Post a Comment