Thursday, June 4, 2015

NASA Siap Terbangkan Lagi Pesawat Concorde

NASA Siap Terbangkan Lagi Pesawat Concorde

NASA Siap Terbangkan Lagi Pesawat Concorde (Foto:Daily Mail)
NEW YORK – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyatakan siap menerbangkan lagi Pesawat Concorde. Pesawat itu berhenti beroperasi pada 24 Oktober 2003.
NASA telah menyiapkan dana sebesar USD2,3 juta atau setara Rp29,9 miliar untuk membiayai proyek pembuatan Pesawat Concorde jenis terbaru.
“Kami telah melakukan evaluasi tentang kebisingan yang terjadi ketika Pesawat Concorde mengudara,” ujar peneliti bidang aeronotika NASA, Peter Coen, seperti dilansirDaily Mail, Jumat (5/6/2015).
NASA kini berupaya keras agar Pesawat Concorde ciptaannya bisa terbang dengan tingkat kebisingan yang sangat rendah.
“Pengurangan tingkat kebisingan Pesawat Concorde adalah yang paling sulit,” tambah Peter.
Pesawat Concorde memiliki keunggulan dapat terbang dengan kecepatan supersonik, namun di sisi lain menimbulkan masalah kebisingan suara khususnya ketika akan mendarat di bandara. Hal ini dikarenakan kecepatan Pesawat Concorde mampu melebihi kecepatan suara.
NASA telah memberikan solusi yaitu Pesawat Concorde harus terbang di Lapisan Stratosfer untuk meredam kebisingan suara. Tetapi, NASA belum memastikan kapan Pesawat Concorde kembali mengudara.
Pesawat Concorde pernah mengudara yang dioperasikan oleh dua maskapai penerbangan yaitu British Airways dan Air France. Namun, dihentikan aktivitasnya karena timbul masalah kebisingan suara di sekitar bandara dan biaya perawatan yang boros.
(ful)

No comments:

Post a Comment