Thursday, June 4, 2015

Bersiap Nganggur Usai Wisuda


Bersiap Nganggur Usai Wisuda

Usai wisuda, kamu perlu juga mempersiapkan diri jika terpaksa menganggur. (Foto: Shutterstock)
JAKARTA - Sibuk mencari kerja setelah menyandang gelar sarjana sudah biasa. Tetapi, kamu perlu juga bersiap-siap jika terpaksa menganggur usai wisuda.
Yup. Persaingan sengit di pasar tenaga kerja bisa jadi menempatkan kita di antara jutaan pengangguran terdidik di Tanah Air. Supaya tidak terjebak dalam situasi yang lebih buruk, ada baiknya kita bersiap dengan melakukan beberapa langkah berikut.
1. Perhitungkan pengeluaran untuk diri sendiri
Jika kamu belum memiliki pemasukan, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah mengatur pengeluaran untuk dirimu sendiri. Kamu harus memiliki tabungan.
2. Kurangi pengeluaran
Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mengatur pengeluaran. Kurangi pengeluaran untuk hal-hal yang tidak mendesak seperti jalan-jalan atau menyalurkan keinginan belanja.
3. Manfaatkan berbagai fasilitas di kampus
Kunjungi pusat karier di kampus. Lihat berbagai informasi lowongan kerja di sana. Minimal kamu bisa mendapat bantuan untuk menulis CV dan surat lamaran dengan baik. Demikian seperti dikutip dari Levo, Jumat (5/6/2015).
4. Jadwalkan sesi mencari kerja
Anggaplah perburuan mencari kerja adalah sebuah pekerjaan. Susun jadwal khusus untuk mencari kerja agar kamu bisa fokus.
5. Jalin hubungan
Coba hubungi orang-orang yang kamu kenal seperti teman dan alumni kampus. Katakan pada mereka bahwa kamu sedang mencari pekerjaan. Kamu tidak akan pernah tahu bahwa di antara mereka mungkin ada yang bisa membantu.
6. Pekerjaan paruh waktu atau jadi sukarelawan
Sambil mencari pekerjaan yang sesuai, kamu bisa manfaatkan untuk bekerja paruh waktu atau menjadi sukarelawan. Kegiatan tersebut akan mengasah dan meningkatkan kemampuan sambil membantumu membangun jaringan profesional.
(rfa)

No comments:

Post a Comment