Friday, June 5, 2015

Dinosaurus Bertanduk Bernama 'Hellboy' Ditemukan

Dinosaurus Bertanduk Bernama 'Hellboy' DitemukanDinosaurus Jenis Baru Bernama Hellboy Ditemukan di Kanada (Foto: The Guardian)

ALBERTA - Para arkeolog baru saja menemukan spesies baru dinosaurus bertanduk di Kanada. Para peneliti menamai dinosaurus baru itu 'Hellboy'. Nama Hellboy yang seperti karakter komik dipilih karena para arkeolog mengalami kesulitan ketika memisahkan tulang-tulang dinosaurus tersebut dari batu keras.

Nama ilmiah dinosaurus baru tersebut adalah Regaliceratops peterhewsi. Nama itu berasal dari bentuk puncak kepalanya yang seperti mahkota dan nama orang yang pertama kali menginjak tulangnya 10 tahun yang lalu.
Ahli geologi Peter Hews pertama kali menemukan tulang-belulang Hellboy yang nyaris utuh menyembul keluar di sebuah tebing yang berlokasi di Sungai Oldman, Alberta, Kanada. Penemuan tersebut dilaporkan Hews dalam jurnal Current Biology.
"Spesimen tersebut muncul dalam wilayah geografis Alberta di mana kami tidak pernah menemukan dinosaurus bertanduk. Maka itu, sejak semula kami menemukannya, kami tahu kalau tulang-belulang itu penting," kata Caleb Brown dari Museum Palaeontologi Royal Tyrell di Alberta, seperti dikutip dari CNN, Jumat (5/6/2015).
Namun, peneliti baru menyadari kalau mereka menemukan spesies baru setelah memisahkan tulang-tulang dinosaurus tersebut dari batu di laboratorium.
"Kebanyakan dari peneliti dinosaurus bertanduk yang mengunjungi museum kami tidak langsung percaya ketika pertama kali melihat fosil tulang itu di laboratorium," kata Brown.
(pam)

No comments:

Post a Comment