Friday, June 5, 2015

Kecelakaan kapal di Sungai Yangtze Cina, 331 orang tewas


Kecelakaan kapal di Sungai Yangtze Cina, 331 orang tewas

Kapal Eastern Star
Kapal Eastern Star telah diangkat ke atas permukaan sungai
Jumlah korban meninggal kapal tenggelam di tengah badai di Sungai Yangtze di Cina, Senin lalu (01/06) mencapai 331 orang, seperti diberitakan media pemerintah.
Hingga Jumat kemarin pencarian terus dilakukan, dan pejabat Cina menyatakan kemungkinan untuk menemukan penumpang yang selamat dalam kapal Eastern Starsemakin kecil.
Hanya 14 orang dari 456 penumpang dan kru yang selamat dalam kecelakaan tersebut. Lebih dari 100 orang masih dinyatakan hilang.
Tragedi tersebut menjadi kecelakaan kapal paling buruk dalam sejarah Cina selama 60 tahun pemerintahan komunis.
Ratusan jasad ditemukan setelah para penyelamat mengangkat posisi kapal dengan menggunakan crane dan mengangkatnya ke permukaan sungai.
Pejabat Cina mengatakan tidak ada tanda-tanda kehidupan di dalam kapal, seperti dilaporkan kantor berita Xinhua.

Presiden janji penyelidikan

Presiden Cina Xi Jinping berjanji melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kecelakaan, setelah menerima protes dari para keluarga penumpang yang berada di lokasi kecelakaan.
Otoritas menjaga ketat akses ke lokasi kapal, yang menyebabkan anggota keluarga dan wartawan mengeluh karena minimnya informasi yang mereka dapat.
Sebagian besar dari 14 orang yang selamat melompat dari atas kapal ketika mulai tenggela. Tiga orang diselamatkan oleh penyelam.
Penyebab kecelakaan belum diketahui, tetapi para penyintas mengatakan badai yang besar menerjang kapal.
Kapten dan kepala teknisi kapal, yang juga ikut lompat dari atas kapal, telah ditahan.
Data Badan Maritim Cina menunjukkan kapal tersebut diselidiki karena pelanggaran standar keselamatan pada dua tahun lalu. Dan sempat ditahan bersama lima kapal lain pada 2013 lalu karena masalah keselamatan.
Kecelakaan laut di Cina yang paling mematikan yaitu pada November 1999, ketika kapal feri Dashun terbakar dan tenggelam di Provinsi Shandong dengan jumlah korban 280 orang.
Kecelakaan Eastern Star menjadi insiden mematikan di Cina sejak peristiwa tenggelamnya kapal SS Kiangya di Shanghai pada 1948, yang menewaskan sekitar 2.750 -4.000 orang.

No comments:

Post a Comment