Sunday, June 7, 2015

Taklukkan Magang dengan Mudah

Taklukkan Magang dengan Mudah

Sukses adaptasi sejak hari pertama membantumu menaklukkan masa magang dengan mudah. (Foto: Shutterstock)
JAKARTA - Minggu pertama magang enggak jauh beda dengan minggu pertama kuliah. Banyak adaptasi yang harus dilakukan.
Nah, beberapa tips ini bisa membantumu menaklukkan masa magang dengan mudah.
1. Perkenalkan diri
Sebagai "anak baru", tentu saja kamu harus memperkenalkan diri kepada para pegawai kantor. Manfaatkan juga berbagai kegiatan kantor untuk berkenalan dengan lebih banyak orang dari divisi-divisi lain.
Perkenalan akan membuka jalanmu menjalin hubungan dengan para profesional. Kamu juga bisa belajar tentang perusahaan sambil mencari kesempatan berkarier
2. Perhatikan hal kecil
Cari tahu, gaya berpakaian seperti apa yang diperbolehkan di kantor tempatmu magang. Jangan sampai salah kostum di hari pertama, ya!
Tips lainnya, pastikan kamu enggak terlambat. Hindari juga pulang paling awal.
3. Pahami perusahaan
Perkaya pengetahuanmu tentang perusahaan tempat magang dengan melakukan riset. Coba pahami sejarah dan rencana bisnis perusahaan tersebut.
4. Tentukan apa yang akan kamu pelajari
Magang itu menyenangkan, karena kamu akan mendapatkan pengalaman tentang dunia kerja. Namun, cobalah berpikir kritis mengenai skill yang ingin kamu bangun. Lalu pelajari bagaimana kamu bisa mendapatkannya selama kamu magang. Demikian seperti dikutip dari USA Today, Minggu (7/6/2015).
5. Bicaralah dengan pembimbing
Diskusikan berbagai proyek yang harus dikerjakan dengan pembimbingmu di kantor. Jangan segan juga berdiskusi tentang target belajar yang ingin kamu capai dan bagaimana kamu dapat berkontribusi untuk perusahaan.
6. Tetap sibuk
Magang tidak selamanya bekerja. Jangan hanya menunggu peritah dari bos, tapi berinisiatiflah untuk bisa tetap sibuk dengan membantu rekan kerja menyelesaikan berbagai pekerjaan.
7. Bersikap positif
Hindari mengeluh mengenai pekerjaan. Semua orang memiliki beban tugas masing-masing.
8. Tetap terhubung dengan para dosen
Meskipun sedang magang, kamu harus bisa tetap berhubungan dengan dosen. Kabari mereka mengenai perkembanganmu atau berbagai masalah yang kamu hadapi selama magang. Mereka dengan senang hati akan membantu.

No comments:

Post a Comment