Sunday, June 7, 2015

Enam Langkah Memastikan Prodi di Luar Negeri


Enam Langkah Memastikan Prodi di Luar Negeri

Memilih prodi yang tepat memang tidak mudah, apalagi bila berniat sekolah di luar negeri. (Foto: Dok. Okezone)
JAKARTA - Belajar di luar negeri sering terasa sulit. Namun, hal itu bisa berubah menjadi baik bergantung dari kampusnya.
Kamu mungkin memiliki berbagai program studi pilihan. Prodi pilihanmu sendiri tersebut diyakini akan dapat membuat nyaman saat berkuliah.
Karena itu, sebelum memutuskan melanjutkan sekolah di luar negeri, ikuti langlah berikut, seperti dikutip dari USA Today, Selasa (2/6/2015).
1. Bicarakan dengan orang lain
Kamu bisa tanyakan kepada mahasiswa yang sudah menyelesaiakn studi di luar negeri. Berbagi cerita dengan orang lain akan mempersempit kemungkinan yang terjadi dalam pengalaman yang akan didapat nanti.
2. Putuskan berapa lama kamu ingin belajar di luar negeri
Dengan membuat keputusan-keputusan kecil seperti ini, kamu tidak akan menyia-nyiakan waktu.
3. Mulai lakukan pencarian
Kamu sudah harus mulai melakukan pencarian pada program yang akan dimulai nanti. Ada sejumlah program yang memberikan pelatihan secara intensif.
4. Pilih bahasa untuk belajar
Sebelum kuliah di luar negeri, kamu mesti menguasai bahasa di negara yang menjadi tujuanmu. Beberapa negara mungkin tidak menggunakan bahasa Inggris. Karena itu, kamu perlu belajar bahasa asing yang lainnya.
5. Mulai menghitung biaya
Beberapa program memiliki biaya yang bervariasi, karena itu kamu harus mulai untuk menghitung-hitung biaya yang akan digunakan untuk sekolahmu nanti.
6. Lokasi
Lokasi bisa menentukan mudahnya kamu mengakses ke sekolah. Jika kamu memiliki banyak pilihan, coba kurangi pilihan-pilihan tersebut agar mudah menentukan pilihan. (afr)
(rfa)

No comments:

Post a Comment