Thursday, June 4, 2015

Miliki Skill Teknis soal Motor Honda, Siswa SMK Bisa Buka Bengkel

Miliki Skill Teknis soal Motor Honda, Siswa SMK Bisa Buka Bengkel

Siswa SMK melakukan servis motor Honda (Pius/Okezone)
JAKARTA - Astra Honda Motor (AHM) telah enam kali mengadakan uji kompetensi teknis sepeda motor Honda untuk para siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) binaan Honda.
Senior Manager Technical Training AHM, Handy Hariko, menyebutkan, selain disiapkan untuk bekerja, para mekanik muda yang sudah memiliki skill dan kemampuan di bidang teknis sepeda motor diharapkan mampu membuka usaha bengkel sendiri untuk menambah lapangan kerja baru.
"Kita tahu, jumlah lulusan tak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang ada di bidang automotif. Kami berharap, kalau bisa wirausaha dulu bukan kerja. Karena, membuka lapangan pekerjaan dan supaya mengurangi pengangguran. Jadi kalau bisa buka bengkel-bengkel kecil saja dulu di daerahnya masing-masing," ujarnya.
Handy menambahkan, jika sudah berjalan, bengkel-bengkel baru tersebut bisa menjadi mitra AHM dan didukung oleh bengkel AHASS terdekat untuk penyuplaian suku cadang dan oli. Hal ini pun sudah dilakukan di pulau Jawa dan Sumatera.
"Kami tahu untuk memulai sebuah kewirausahaan harus diwujudkan model-model nyata. Jadi kita tak hanya membantu memberi materi pembelajaran wirausaha untuk siswa kelas 3 dari SMK binaan Honda, tapi juga kita kasih tunjuk dalam wujud sebenarnya. Saat ini, sendiri sudah ada bengkel seperti ini di daerah di Porong, Jawa Timur, lalu di Pekanbaru dan juga di Aceh. Bengkel ini dibuka dari depan halaman rumah, mulai dari teman-teman sekolahnya yang servis, kemudian berkembang dan kini sudah menyewa subuah ruko," pungkas dia.
(ton)

No comments:

Post a Comment